Kuliah komputer di pekanbaru|Kuliah komputer di I-TECH COURSE

Kuliah komputer di pekanbaru|Kuliah komputer di I-TECH COURSE

pengertian kartu kredit




AlamatITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111

Kuliah komputer di pekanbaru I-TECH
Kuliah sambil kerja Pengertian Kartu Kredit, Pilihan Jenis dan Cara Menghitung Bunga
May 11, 2017 |Posted by Ruisa Khoiriyah | Berita Keuangan, Kartu Kredit, Promo Kartu Kredit
Tags: Jenis dan macam kartu kredit, definisi kartu kredit, Spesialisasi kartu kredit
pengertian kartu kredit

Memahami definisi kartu kredit dan bagaimana teknik kerjanya dapat membantu anda memperlakukan perangkat transaksi nontunai ini dengan bijak. Apa saja jenis kartu kredit yang terdapat di Indonesia?

Di Indonesia, pamor kartu kredit sebagai perangkat transaksi nontunai di samping kartu debet dan kartu ATM, perlahan-lahan semakin meroket. Mengutip data teranyar yang diluncurkan oleh Bank Indonesia, hingga akhir Maret 2017 lalu, jumlah kartu kredit yang beredar di Indonesia menjangkau 17,59 juta unit kartu.

Bila dikomparasikan dengan jumlah kartu kredit yang beredar di Indonesia pada tahun 2010 yaitu sejumlah 13,57 juta kartu kredit, maka sekitar kurun masa-masa 6 tahun terakhir, jumlah kartu kredit yang beredar sudah tumbuh selama 30% atau 5% per tahun.

Adapun nilai transaksi kartu kredit di Indonesia rata-rata ketika ini menjangkau Rp 25 triliun per bulan. Tahun 2016, nilai total transaksi memakai kartu kredit menjangkau Rp 281 triliun. Tumbuh selama 72,1% dikomparasikan nilai transaksi sekitar tahun 2010 yang berkisar Rp 163 triliun.

Mulai 1 Juni 2017 nanti, regulator sistem pembayaran memangkas bunga kartu kredit menjadi 2,25% dari ketika ini di angka 2,95%. Penurunan bunga kartu kredit ini diperkirakan dapat merangsang pemegang kartu kredit supaya lebih energik bertransaksi menggunakan uang plastik tersebut.

Nah, supaya lebih mengetahui tentang serba serbi kartu kredit, terdapat baiknya anda kenali dulu definisi kartu kredit, teknik kerja dan apa saja jenis kartu kredit yang terdapat di Indonesia.

Pengertian kartu kredit
Kartu kredit ialah kartu berbahan plastik yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit, yang menyerahkan hak untuk orang yang mengisi persyaratan tertentu dan tercantum namanya di kartu guna menggunakannya sebagai perangkat pembayaran secara kredit atas pendapatan barang atau jasa; dan atau untuk unik tunai dalam batas kredit sebagaimana ditentukan oleh pihak penerbit kartu kredit.

Pemegang kartu kredit cocok nama yang tercantum di kartu, dapat membayar pulang kredit itu sekaligus 100% (full payment), dapat juga menunaikan dalam jumlah paling tidak 10% (minimum payment) atau salah satu keduanya.

Pemegang kartu kredit juga diserahkan kelonggaran untuk menunaikan kembali kredit itu secara cicilan dengan tingkat bunga tertentu dan nilai cicilan sebesar persentase tertentu dari sisa kredit yang sudah digunakan.

Kartu kredit tergolong kredit tanpa garansi (unsecured loan) sampai-sampai mempunyai risiko tinggi tidak berhasil  bayar. Maka itu, banyak sekali bank mematok bunga kartu kredit lumayan tinggi. Saat ini berkisar 2,95% per bulan diperbanyak denda keterlambatan pembayaran angsuran yang pun besar.

Di Indonesia, ketika ini terdapat 24 penerbit kartu kredit yang terdiri atas 22 bank dan 2 perusahaan finansial nonbank. Berikut ini susunan nama-nama penerbit kartu kredit di Indonesia:





pengertian kartu kredit
(source: Bank Indonesia)

Seperti apa format kartu kredit di Indonesia?
Di Indonesia, kartu kredit telah dilengkapi dengan chip pengaman guna meminimalisasi penyalagunaan kartu kredit oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Berikut ini format dan penampakan kartu kredit yang beredar di Indonesia:

pengertian kartu kredit
(source: Bank Indonesia)

Bagian depan kartu kredit terdiri atas:

Chip pada kartu kredit sedang di bagian depan sisi kartu. Chip ini ditambahkan berbagai software yang dapat mengenkripsi data sampai-sampai data dapat tersimpan dengan lebih aman.
Nomor kartu yang terdiri atas 16 digit angka.
Nama pemegang kartu.
Nama penerbit kartu kredit.
Masa berlaku kartu kredit.
Logo Jaringan Kartu kredit (di Indonesia terdapat 5 jaringan: Union Pay, BCA, JCB, Mastercard dan VISA)
pengertian kartu kredit
(source: Bank Indonesia)

Bagian belakang kartu kredit terdiri atas:

Magnetic stripe yang masih dapat digunakan bilamana kartu kredit tersebut dipakai bertransaksi di luar negeri.
Signature panel ialah tempat pembubuhan tanda tangan empunya kartu pada kartu kredit yang dimiliki.
Nomor verifikasi yang terdiri atas tiga digit.
Alamat Bank penerbit kartu kredit.
Nama/Logo penerbit kartu kredit.
Cara kerja kartu kredit
Biasanya, terdapat 5 pihak yang bersinggungan dalam suatu transaksi kartu kredit. Yaitu:

Pemegang kartu kredit: kita atau orang yang diserahkan kuasa untuk dapat menggunakan kartu kredit misalnya, pasangan atau anak kita yang memegang kartu tambahan, guna bertransaksi baik transaksi melakukan pembelian barang atau transaksi tarik tunai.
Penerbit kartu kredit: Lembaga penerbit kartu kredit ialah bank atau perusahaan finansial nonbank.
Jaringan/Organisasi kartu kredit: organisasi atau jaringan yang membuat ekosistem pembayaran dan beraksi sebagai penengah atau penghubung antara merchant dan penerbit kartu kredit. Mereka mengutip selama 0,1% dari transaksi kartu kredit. Misalnya, Mastercard, VISA, American Express. Di Indonesia terdapat ini antara beda Mastercard, Visa, American Express, BCA Card, JCB, Union Pay.
Merchant Acquirer: Institusi atau lembaga, lazimnya perbankan, yang memproses transaksi kartu kredit di merchant atau gerai melewati alat laksana EDC atau ATM.
Merchant atau gerai: gerai laksana restoran, toko online, hotel, yang meluangkan pilihan transaksi memakai kartu kredit.
Pilihan dan jenis kartu kredit di Indonesia
Secara umum, di Indonesia ketika ini ada sejumlah jenis:

Kartu kredit reguler
Yaitu kartu kredit yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan penerbit kartu kredit yang dapat Anda pakai bertransaksi. Biasanya terbagi atas sejumlah kategori laksana classic, gold, platinum, titanium. Penentuan jenis kartu lazimnya menimbang nilai penghasilan pemegang kartu kredit.

Kartu kredit reguler pun mempunyai kartu ekstra alias suplementary card guna anggota keluarga laksana pasangan, anak. Kartu jenis ini pun umumnya telah menggunakan jaringan kartu kredit laksana Mastercard atau VISA.

Contohnya: BNI Visa Platinum, BCA Gold Mastercard, dan beda sebagainya.

Kartu kredit korporasi
Kartu kredit korporasi ialah kartu kredit yang diterbitkan oleh bank yang menyasar nasabah perusahaan atau korporat. Biasanya kartu kredit jenis ini dipakai oleh eksekutif suatu perusahaan sehingga dapat digunakan untuk mendukung kelancaran aktivitasnya dalam bekerja. Limit kartu kredit korporasi juga seringkali cukup besar.

Contohnya: CIMB Niaga Corporate Card, Mandiri Corporate Card, dan lain-lain.

Kartu kredit affinity
Kartu kredit affinity adalahproduk kartu kredit yang keluar sebagai hasil kerjasama antara bank penerbit dengan sekian banyak  institusi atau organisasi. Desain dan logo kartu kredit affinity seringkali dibuat khusus sampai-sampai terkesan eksklusif.

Pada umumnya, penerbitan kartu kredit affinity pun dalam rangka kampanye tertentu, sampai-sampai kehadiran kartu kredit ini memungkinkan si pemegang kartu berkontribusi terhadap kampanye tertentu. Pasalnya, sekian persen dari transaksi yang dilaksanakan pemegang kartu akan dibalikkan oleh bank penerbit dalam format endowment fund.

Organisasi atau institusi yang disuruh kerjasama dapat berupa perguruan tinggi atau universitas, komunitas hobi, organisasi ikatan alumni, dan lain-lain.

Di Indonesia, Bank BNI tergolong bank yang paling tidak sedikit merilis kartu kredit affinity. Misalnya, BNI-UI Card yang adalahkerjasama antara BNI dan Universitas Indonesia. Ada pun BNI Kagama Card, kerjasama Bank BNI dengan lulusan Gadjah Mada Kagama.

Kartu kredit co-branding
Ini ialah kartu kredit yang diterbitkan sebagai hasil kolaborasi dua brand, seringkali bank penerbit dengan institusi atau brand  lain. Misalnya, dengan supermarket/hipermarket, maskapai penerbangan, dan sebagainya.

Pemegang kartu kredit ini dapat menikmati promo spesial dari institusi yang bekerjasama dengan penerbit kartu kredit. Misalnya, kartu kredit co-branding dengan maskapai penerbangan menyerahkan diskon atau privilege khusus untuk pemegang kartu kredit saat bertransaksi di maskapai penerbangan tersebut.

Contoh kartu kredit co-branding antara lain: Mandiri Hypermart Card, Permata Hero Card, Garuda-BNI Visa Platinum Card.

Kartu Kredit Private Label
Kartu kredit jenis ini adalahjenis kartu kredit yang diterbitkan oleh bank penerbit sendiri, tanpa menggandeng jaringan organisasi global laksana Mastercard atau VISA. Biasanya, kartu kredit private label membebankan iuran tahunan lebih murah. Tapi, fitur yang ditawarkan pun tidak kalah menyeluruh dengan kartu kredit reguler.

Contoh kartu kredit private label antara lain: BCA Everyday Card.

Kategori kartu kredit menurut spesialisasi kebutuhan
Penerbit kartu kredit ketika ini lebih tidak sedikit mendekati nasabah dengan pendekatan customer needs. Maka itu, lahirlah sekian banyak  jenis kartu kredit dengan spesialisasi sesuai keperluan masing-masing kumpulan nasabah. Di Indonesia ada sejumlah jenis kategori:

Kartu Kredit Travel (Travel Card)
Pengertian kartu kredit travel ialah jenis kartu kredit yang kelengkapan fiturnya lebih tidak sedikit diarahkan untuk menyokong gaya hidup nasabah dengan frekuensi traveling tinggi. Fitur tumpuan biasanya berupa penghitungan airmiles yang lebih banyak, promo diskon guna pembelian tiket pesawat, hotel atau paket tur, fitur konversi mata dana yang lebih kompetitif, dan beda sebagainya.

Kartu Kredit Cashback atau Promo (Cashback Card)
Kartu kredit jenis ini menyasar nasabah yang senang melakukan pembelian barang baik melakukan pembelian barang di hipermarket (groceries card) ataupun melakukan pembelian barang di mal atau department store baik offline maupun Online. Karena menyasar konsumen dengan gaya hidup pehobi belanja, fitur-fitur andalannya juga lebih tidak sedikit memberikan fasilitas atau promo belanja. Berupa cashback atau diskon harga tertentu.

Kartu Kredit Premium (Premium Card)
Pengertian kartu kredit premium ialah kartu kredit yang menyasar kumpulan affluent customer yakni nasabah dengan penghasilan di atas rata-rata yang memiliki keperluan besar atas layanan yang eksklusif, berbobot | berbobot | berkualitas tinggi. Kartu kredit jenis ini banyak sekali memberi tumpuan fitur privilege diskon harga di sekian banyak  tempat eksklusif, keanggotaan cuma-cuma di suatu klub eksekutif, asuransi eksklusif perjalanan, dan beda sebagainya. Biaya tahunan kartu kredit premium lazimnya juga lumayan besar.

Cara memakai kartu kredit
Cara pakainya tidak sulit. Transaksi kartu kredit dapat dilakukan dengan menggesek kartu ke mesin Electronic Data Capture (EDC) yang terdapat di merchant, atau dengan memasukkan 16 digit kartu kredit bila melakukan pembelian barang online.

Untuk transaksi tarik tunai, sama metodenya dengan unik uang di ATM menggunakan kartu ATM/Debet.

Hal-hal yang butuh Anda simaklah bila memakai kartu kredit chip merupakan:

Kartu kredit yang kita serahkan pada kasir bakal diproses dengan memasukkan kartu ke dalam mesin EDC yang telah dilengkapi dengan chip. Proses ini disebut di-dip. Pada ketika di-dip, kartu merasakan proses enkripsi terlebih dulu sebelum kesudahannya secara Online disambungkan dan diverifikasi dengan penerbit kartu kredit yang dipakai.
Setelah proses verifikasi selesai, mesin EDC yang sudah dilengkapi chip akan menerbitkan bukti transaksi yang bakal ditandatangani oleh pemegang kartu yang mengerjakan transaksi.
Transaksi selesai.
Transaksi kartu kredit ber-chip bukan lagi digesek tetapi di-dip. Namun, kartu kredit yang telah dilengkapi dengan chip tetap dapat digunakan dengan mesin EDC yang belum dilengkapi chip, sampai-sampai mekanisme-nya tetap digesek.

Setelah Anda memakai kartu kredit guna bertransaksi, bank akan menulis transaksi itu dan mengantarkan tagihan pada Anda. kita memiliki peluang untuk menunaikan tagihan sebelum jatuh tempo dengan tiga opsi pembayaran yaitu menunaikan 100% tagihan, menunaikan tagihan paling tidak 10% atau menunaikan dengan nilai salah satu itu.

Cara menghitung bunga kartu kredit
Rumus hitungan bunga kartu kredit:

[Suku bunga masing-masing tahun (%) x sisa harian] : 365 hari

Jumlah hari dalam 1 tahun ialah 365 hari
Saldo harian = sisa terutang pada hari tersebut
Dihitung dalam periode 1 bulan tagihan
Ilustrasinya sebagai berikut:

Tagihan kartu kredit kita Rp 1 juta dengan bunga 2,95% masing-masing bulan atau 35,4% per tahun. Maka, bunga yang mesti kita bayarkan masing-masing bulan merupakan:

[35,4% x Rp 1 juta] : 365 hari = Rp 969,86

Jadi, bunga yang bakal dibebankan untuk Anda ialah sebesar Rp 29.095,89 per bulan.

Pembayaran tagihan sarat 100% (full payment)
Anda menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembelian barang hingga Rp 1 juta pada 1 Februari. Tagihan kartu kredit kita jatuh tempo pada tanggal 15 Februari. Anda menunaikan tagihan Rp 1 juta pada 5 10 Februari. Karena pembayaran kita 100% atau full payment, kita tidak dikenakan bunga kartu kredit.

Pembayaran tagihan paling tidak 10% (minimum payment)
Anda bertransaksi kartu kredit senilai Rp 200.000 dan bulan sebelumnya mempunyai tunggakan Rp 2 juta. Sehingga tagihan total Anda ialah Rp 2,2 juta.

Ketika surat tagihan datang dan kita memilih menunaikan minimal 10% sebesar Rp 220.000, maka saat bulan berikutnya tagihan datang, saldo utang kita sebesar Rp 1,98 juta akan terpapar bunga 2,95%. Bunga itu setara dengan Rp 58.410 sampai-sampai Anda mesti menunaikan tagihan sebesar Rp 2,038 juta.

Bagaimana teknik mempunyai kartu kredit?
Anda dapat menempuh sejumlah pilihan teknik mempunyai kartu kredit inilah ini:

Apply langsung ke bank: Semua bank penerbit kartu kredit membuka layanan software kartu kredit di kantor cabang mereka.
Apply Online di situs bank: Beberapa bank penerbit kartu kredit telah melengkapi kanal software kartu kredit melewati situs atau website.
Apply kartu kredit melewati direct sales: Bank penerbit kartu kredit mempunyai tenaga-tenaga penjaja langsung kartu kredit yang dapat Anda temui di mal atau di pusat melakukan pembelian barang lain.
Apply kartu kredit melewati situs fintech: Anda dapat mengajukan apply Online kartu kredit pada pihak ketiga yang muncul dalam platform komparasi produk finansial seperti HaloMoney.co.id. Di website ini, Anda dapat langsung mencocokkan produk kartu kredit yang terdapat di pasar dan mengejar kartu kredit yang sangat tepat sesuai keperluan sekaligus apply Online.
Pilihan Kartu Kredit Pemula dengan Gaji Rp 3 juta per bulan
Berikut ini susunan kartu kredit guna pemula yang mensyaratkan pendapatan bulanan kecil melulu Rp 3 juta per bulan:

BCA Card Gold
BCA Reward sampai 5% dalam transaksi di sejumlah tempat laksana Ace Hardware, AlfaMidi, AirAsia, Dunkin Donuts, Gramedia, Matahari, Mitra 10, Pizza Hut, Shell, Solaria, TransMart Carrefour, Super Indo.
Gratis Upsize untuk seluruh jenis minuman di semua outlet Starbucks di Indonesia.
Iuran tahunan kartu kredit guna pemula ini lumayan murah, melulu Rp 125.000 per tahun. Di samping itu, nilai 1 point reward pun sangat murah, yaitu Rp 1.000. Jika kamu melakukan pembelian barang Rp 1.000.000, anda akan menemukan 1.000 poin. Poin reward ini dapat kamu pakai untuk melakukan pembelian barang atau kebutuhan lainnya.

BCA Card Gold
BNI Mastercard Silver & BNI Visa Silver
Bisa menjadi BNI Dana Tunai. Transfer dana dari kartu kreditmu ke tabungan bank manapun.
Diskon sampai 33% di merchant Food & Baverage rekanan BNI. Dan diskon sampai 20% + Cashback sampai Rp 150.000 di GarudaIndonesia.com.
Nasabah bakal dikenakan ongkos bunga guna pemakaian kemudahan BNI Dana Tunai.
Promo diskon berubah masing-masing waktu, dan melulu berlaku di merchant yang bekerjasama. Saat BNI ulang tahun ke-71 tahun ada mula Juli, tidak sedikit promo diskon di rekanan BNI.

BNI MasterCard Silver
Pilihan Kartu Kredit dengan Syarat Gaji Rp 5 Juta
Berikut ini susunan kartu kredit yang dapat kamu miliki dengan kriteria pendapatan Rp 5 juta masing-masing bulan dari sekian banyak  bank.

HSBC Platinum Cash Back
Kartu kredit HSBC yang satu ini sesuai digunakan guna tiga keperluan: dining, melakukan pembelian barang bulanan di supermarket, dan transaksi online. Keunggulannya, anda akan merasakan cashback sampai 25% di merchant yang berkolaborasi dengan HSBC.

Nikmati 25% Cashback di seluruh Restoran, Supermarket, dan Transaksi Online
Nikmati Cicilan 0% di sekian banyak  merchant mulai dari Rp 50 ribuan
Nikmati lebih dari 27,000 Tawaran Home&Away di lebih dari 160 Negara di Seluruh Dunia
Penghasilan tahunan paling tidak Rp 60 juta masing-masing tahun atau Rp 5 juta per bulan.
Pengajuan melewati HaloMoney.co.id, klik di sini.

BNI-LOTTE Mart Gold
Image result for BNI-LOTTE Mart Gold

Kartu kredit terbaik ini menyerahkan fasilitas melakukan pembelian barang di hipermarket Lotte menyeluruh dengan cashback sebesar 3%. Kamu masih dapat mendapatkan diskon produk tertentu.

Cocok sekali guna kebutuhan melakukan pembelian barang bulanan keluarga.
Dapatkan cash back 3% untuk masing-masing transaksi melakukan pembelian barang di LOTTE Mart Hypermarket.
Tambahan 0,5% Cash back guna transaksi angsuran di LOTTE Mart Hypermarket
Discount 5% guna produk Private Brand LOTTE Mart.
Diskon sampai 20% + Cashback sampai Rp 150 ribu di GarudaIndonesia.com
Cashback berlaku melulu dengan memakai EDC Bank BNI

Pengajuan melewati HaloMoney.co.id, klik di sini.

BNI Style Titanium
Image result for BNI Style Titanium

Kartu kredit terbaik ini sesuai untuk anda para milenials. Kamu dapat menggunakan kartu ini untuk melakukan pembelian barang dan travelling, menyeluruh dengan diskon dan paket wisata yang disediakan Bank BNI.

BNI Dana Tunai: Transfer dana dari kartu kredit kita ke tabungan bank manapun.
Diskon sampai 33% di merchant Food & Baverage rekanan BNI
Gratis asuransi kemalangan dengan nilai pertanggungan menjangkau Rp 100,000,000
Pengajuan melewati HaloMoney.co.id, klik di sini

OCBC NISP Titanium Card
Related image

Kartu Kredit ini memiliki kemudahan diskon melakukan pembelian barang di merchant di dalam dan luar negeri. Semua tagihan melakukan pembelian barang dapat diolah menjadi angsuran 0%.

Ubah seluruh transaksi menjadi angsuran 0% guna tenor 3 bulan
Cicil hingga dengan 36 bulan melulu dengan bunga serendah 0.5%
Nikmati diskon di sekian banyak  restoran dan merchant.
Penghasilan tahunan paling tidak Rp 60 juta atau Rp 5 juta per bulan.
Pengajuan melewati HaloMoney.co.id, klik di sini

Citi Cashback Card
Image result for citi cash back card

Kartu kredit ini tepat banget untuk anda yang suka belanja. Para shopper macam kamu dapat mendapatkan cashback 5% dengan kartu ini.

Cashback 5% guna bensin, makan, dan transaksi belanja.
Solusi pembayaran rutin memakai Citibank 1bill.
Gratis notifikasi transaksi melewati SMS dan email guna kenyamanan dan ketenteraman seluruh transaksi Anda.
Jumlah maksimum cash back yang didapat ialah Rp 3,000,000/tahun per kartu.
Pendapatan tahunan paling tidak Rp 60 juta masing-masing tahun atau Rp 5 juta per bulan.
Pengajuan melewati HaloMoney.co.id, klik di sini

Citi Premier Miles Card
Image result for citi premier miles card

Kartu kredit terbaik yang satu ini paling direkomendasikan untuk para milenial yang suka bepergian, untuk kebutuhan wisata maupun hal pekerjaan. Banyak kemudahan yang diserahkan untuk mempermudah perjalananmu.

Dapatkan 1 premier = Rp 8,750 untuk masing-masing transaksi dalam negeri atau Rp 5,000 untuk masing-masing transaksi internasional.
Fleksibiltas guna menukarkan miles ke lebih dari 60 maskapai penerbangan dan 8,500 hotel-hotel di semua dunia.
Gratis keanggotaan Priority Pass Card (PPC), serta 1 (satu) kali GRATIS masuk (per tahun kalender) guna 2 orang di 700 lounge bandara yang ada semua dunia.
Bonus airmiles tidak dapat dipakai untuk menunaikan Iuran Tahunan
Akses ke PPC (Airport Lounge Eksklusif) melulu dapat diserahkan 1 kali masing-masing tahun kalender
Minimum pendapatan tahunan sebesar Rp 60 juta.
Klik banner inilah ini untuk pengusulan langsung di HaloMoney.co.id klik di sini:

Apply kartu kredit online dengan Halomoney.co.id

Demikianlah definisi kartu kredit dan apa saja jenis pun pilihan yang terdapat di Indonesia. Pahami seluk beluk kartu kredit supaya Anda dapat memanfaatkan secara optimal dan arif alat transaksi ini.

Komentar