Pengertian Microsoft PowerPoint Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya Moch. Azam Komputer, Microsoft Office|Kuliah komputer|Kuliah komputer I-TECH|Kuliah komputer di pekanbaru

Pengertian Microsoft PowerPoint Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya Moch. Azam Komputer, Microsoft Office|Kuliah komputer|Kuliah komputer I-TECH|Kuliah komputer di pekanbaru





Sekarang pertumbuhan teknologi dan informasi makin terasa. Terbukti dengan lahirnya sekian banyak  peralatan yang menolong pekerjaan manusia, laksana komputer, laptop dan lain-lain. Selain bermanfaat untuk menggali informasi, bilamana terkoneksi ke internet, komputer pun mempunyai berbagai software nan dapat menyederhanakan tugas, misalnya menciptakan dokumen, mengubah angka, menciptakan file presentasi dan sebagainya.

Beberapa program dengan faedah yang sudah disebutkan ialah Microsoft Office Word, Excel dan PowerPoint. Mereka adalahproduk keluaran Microsoft Corporation yang menjadi satu paket. Tapi, yang berkeinginan penulis kupas kali ini ialah Microsoft PowerPoint. Pasti salah satu pembaca telah tidak asing lagi dengan aplikasi tersebut. Pasalnya, Microsoft PowerPoint merupakan software yang sangat urgen serta kerap digunakan untuk mengerjakan presentasi, baik oleh siswa, mahasiswa maupun perusahaan. Dengan program ini, pemakai bisa menampilkan pelbagai tulisan, gambar sampai video.

Kuliah komputer di pekanbaru I-TECH

Meski ada software sejenis di luar sana, tetapi Microsoft PowerPoint belum kehilangan popularitasnya. Hal tersebut dikarenakan dari sisi pemakaian, Microsoft PowerPoint lebih gampang alias user friendly. Microsoft PowerPoint pun memiliki sekian banyak  kelebihan yang menyokong penyampaian presentasi. Apa saja? Simak definisi Microsoft PowerPoint beserta faedah dan kelebihan PowerPoint.

Pengertian Microsoft PowerPoint
pengertian microsoft powerpoint merupakan



Microsoft PowerPoint ialah software yang digunakan untuk merancang bahan presentasi dalam format slide. Berdasarkan keterangan dari Susilana, PowerPoint adalahprogram software presentasi dalam komputer. Dengan pertolongan software tersebut, seseorang dapat membuat format presentasi profesional dengan gampang dimana presentasi itu dapat dipakai sebagai bahan pembelajaran.

Dennis Austin dan Bob Gaskins ialah dua orang yang kesatu kali mengembangkan program ini. Kala itu, Microsoft PowerPoint dipakai sebagai presenter oleh perusahaan Forethought, Inc. dan lantas namanya diolah menjadi PowerPoint. PowerPoint menjadi software Microsoft Office yang paling tidak sedikit digunakan di samping Microsoft Word dan Excel.

Fungsi Microsoft PowerPoint
Setiap program tentu dibuat dengan destinasi yang jelas, tidak terkecuali PowerPoint. Program atau aplikasi ini mempunyai pelbagai fungsi dan manfaat, antara lain:

Memudahkan pemakai menata materi yang berkeinginan disampaikan.
Membuat audience lebih mudah memahami pelajaran presentasi karena melulu menampilkan poin-poin utama yang disuguhkan dalam format slide.
Membuat penyajian pelajaran lebih berkesan, lagipula jika pemakai menambahkan animasi-animasi di dalamnya. Sebab, pada permasalahan yang tidak jarang ditemui, audience kurang konsentrasi dan bosan bilamana materi nan diperlihatkan monoton.
Kelebihan & Kekurangan Microsoft PowerPoint
Seperti halnya program software yang lain, PowerPoint pun memiliki keunggulan dan kekurangan, di antaranya:

A. Kelebihan
memudahkan presentasi

1. Memudahkan Pengguna Membuat Slide Presentasi
Microsoft PowerPoint mempermudah seseorang yang sering mengerjakan presentasi di depan umum, terutama menggunakan alat tolong seperti screen projector. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat menyiapkan slide presentasi yang berbobot | berbobot | berkualitas dalam hitungan jam, bahkan menit.

2. Dilengkapi Beragam Tools
Dalam software PowerPoint terdapat sekian banyak  tools, laksana text art, image import, animation import, video import dan lain-lain yang akan menciptakan slide tampak menarik. Tak melulu itu, eksistensi fitur-fitur tersebut pun berguna untuk yang hendak menyisipkan suara guna menghasilkan slide yang lebih hidup dan membangunkan emosi tertentu ketika dipresentasikan.



3. Template Bervariasi
Template adalahsalah satu fitur yang ada pada PowerPoint. Template dipakai sebagai latar belakang guna mempercantik tampilan presentasi. Tidak melulu satu, background yang disediakannya bervariasi. Sehingga, pemakai bebas mengkreasikan slide dan tidak terfokus pada satu format tampilan.

4. Dapat Diexport ke PDF
Ketika berkeinginan mempresentasikan sesuatu, pasti Anda menyerahkan selebaran atau pegangan pada semua audience agar mereka mengetahui poin-poin yang sedang dibahas. Tapi, kadang sejumlah dari mereka tidak memakai platform Microsoft, sampai-sampai file yang sudah didistribusikan tidak dapat dibuka.

Nah, dengan adanya fitur ini, masing-masing audience dapat menyaksikan dokumen yang dibagikan. Di samping itu, fitur export file ke PDF sangat bermanfaat bila Anda bakal mem-print slide. Apalagi, bentuk PDF sudah disupport oleh sekian banyak  platform, sampai-sampai Anda dapat mencetaknya melewati platform dan mesin apa saja.

5. Memiliki Fitur Kolaborasi
Ketika dikejar-kejar deadline, tentu Anda amat memerlukan pertolongan guna menyelesaikannya, bukan? Tidak butuh khawatir sebab software PowerPoint memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan seseorang dapat mengedit file presentasi secara bersamaan dari komputer berbeda. Sehingga, proses pengerjaan slide menjadi lebih cepat dan mudah.

6. Terdapat Fitur Cloud Service
Saat ini, Microsoft sedang gencar-gencarnya berupaya untuk mengenalkan produk mereka, yaitu One Cloud Service. Tak inginkan kalah dari kompetitornya, laksana Dropbox dan Google. Microsoft juga sengaja mencantumkan embedded service dari program itu ke Microsoft PowerPoint dengan meluangkan opsi save to one cloud dan menerapkannya sebagai default penyimpanan sebelum pemakai menaruhnya ke local storage.

7. Fitur Authoring Sangat Advanced
Microsoft PowerPoint menawarkan sekian banyak  solusi guna memproteksi dokumen dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yaitu dengan fitur authorisasi. Pengguna dapat menandai, memberi kata sandi hingga mengenkripsi file yang telah diciptakan menggunakan software tersebut.

B. Kekurangan
hanya dapat dipakai di platform windows

1. Hanya Bisa Digunakan Pada Platform Microsoft
Software pengolah data presentasi itu melulu dapat dioperasikan pada platform Windows. Microsoft pun belum menerbitkan software itu untuk OS lain, laksana Mac dan Linux. Sehingga, kegiatan yang sudah Anda rampungkan dengan PowerPoint tidak dapat diakses menggunakan platform di samping Windows.

2. Ketidakstabilan Dokumen Pada Tiap Versi
Kekurangan yang satu ini sering dijumpai pada software-software nan dikembangkan oleh Microsoft. Biasanya, file yang diciptakan pada versi lama, contohnya tahun 2007 tidak dapat digunakan secara sempurna di versi 2010, begitu sebaliknya.

3. Harga Terlalu Mahal
Aplikasi ini terbilang mahal, terutama untuk pelajar, mahasiswa dan empunya usaha kecil. Sebab, Microsoft memang mengeluarkannya guna konsumen yang berasal dari kalangan pengusaha serta perusahaan besar. Tapi, dengan support dan pembaharuan aplikasi yang terus dilakukan, menciptakan produk mereka tetap digunakan oleh mayoritas masyarakat.

4. Tergolong Program yang Berat
Untuk dapat mengoperasikan PowerPoint, komputer mesti memiliki spesifikasi yang baik. PC jadul dengan spesifikasi perlengkapan keras yang rendah akan kendala dalam menjalankannya, bahkan mungkin merasakan hang atau crash.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian Microsoft PowerPoint beserta keunggulan dan kekurangannya. Semoga sesudah membaca tulisan di atas, ada tidak sedikit pengetahuan yang dapat Anda peroleh dan mulai memakai fitur-fitur yang terdapat di Microsoft PowerPoint secara maksimal.

Komentar