Kuliah komputer|Kuliah komputer di pekanbaru (I-TECH)
Kuliah komputer|Kuliah komputer di pekanbaru (I-TECH)

Alamat: ITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111
Brand (merek) ialah nama, tanda, istilah, simbol, desain, kata, atau kombinasi dari hal-hal itu yang ditujukan guna mengidentifikasi dan memisahkan antara produk dan jasa yang satu dengan yang lain.
Elemen-elemen yang menilai tingkat keyakinan konsumen terhadap suatu brand merupakan:
Janji yang diserahkan sesuai dengan fakta meskipun urusan ini tidak ditetapkan dengan jelas, namun menjadi salah satu hal utama kesuksesan suatu brand.
Memberikan jati diri tersendiri terhadap pemakai brand.
Unique Selling Proposition (USP). Munculnya suatu brand sebagai dasar untuk memisahkan perusahaan, produk, atau layanannya dengan perusahaan, produk atau layanan lainnya.
Pengertian Branding
Branding ialah kumpulan pekerjaan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan dalam rangka proses membina dan memperbanyak brand.
Branding tidak saja tentang memenangkan hati target pasar Anda supaya memilih brand Anda, namun yang lebih urgen lagi ialah supaya pelanggan dapat melihat kita sebagai satu-satunya yang terbaik yang dapat memberikan penyelesaian untuk mereka.
Fungsi Branding
Fungsi Branding ialah untuk menanamkan image dan citranya di masyarakat, bahkan konsumennya, andai perusahaan itu mempunyai produk yang mereka jual, sampai-sampai dengan adanya branding (merek dagang atau corporate identity) diinginkan brand atau brand Anda bakal selalu dikenang oleh masyarakat atau konsumennya dalam jangka masa-masa yang lama.
Fungsi branding secara detil dapat diterangkan sebagai berikut:
Pembeda
Suatu produk bakal mempunyai perbedaan dengan pesaingnya bila mempunyai brand yang kuat, sehingga suatu brand bisa dengan mudah dipisahkan dari brand yang lain.
Promosi dan Daya Tarik
Produk yang mempunyai brand bakal dengan gampang dipromosikan dan menjadi daya tariknya. Promosi suatu brand bakal dengan gampang mempromosikan produknya dengan memperlihatkan logo brand tersebut.
Pembangun Citra, Pemberi Keyakinan, Jaminan Kualitas, dan Prestise
Sebuah brand juga bermanfaat membentuk citra dengan memberi perangkat pengenalan kesatu untuk masyarakat. Keyakinan, kualitas, dan prestise suatu produk bakal melekat dalam suatu brand dari empiris dan informasi dari produk tersebut.
Pengendali Pasar
Pasar akan gampang dikendalikan oleh brand yang kuat. Brand itu akan menjadi peringatan untuk para kompetitornya untuk memungut setiap tahapan yang diambilnya. Di samping itu, masyarakat bakal dengan gampang diberi informasi ekstra dengan adanya brand yang dikenang olehnya.
Baca juga: Apa Saja Jenis Layanan yang Diberikan Oleh Konsultan Marketing?
Tujuan Branding
Mampu mengucapkan pesan dengan jelas
Memastikan kredibilitas Anda
Mampu menghubungkan target pasar atau konsumen secara emosional
Mampu menggerakkan atau memotivasi konsumen
Memastikan terciptanya kesetiaan pelanggan
Unsur-unsur Branding
Unsur terpenting dari sebuah brand ialah nama dagang atau merek. Namun demikian brand tidak lumayan bila melulu didukung dengan emblem atau simbol identitas visual yang secara konsisten dan sistematis diterapkan pada sekian banyak media penyokong komunikasi pemasaran sebuah brand.
Unsur-unsur branding merupakan:
Nama Merek.
Logo: logo, logotype, monogram, bendera.
Penampilan visual: desain kemasan, desain produk, desain seragam, desain bangunan, desain kendaraan.
Juru bicara: pesohor, figur pendiri, figur perusahaan, atau figur ciptaan.
Kata-kata: akronim, nama panggilan, slogan, tagline, jingle.
Suara: lagu, icon bunyi/nada, lagu tematik.
Baca juga: Peran dan Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Marketing
Jenis-jenis Branding
Product Branding
Branding produk adalahhal yang sangat umum dalam branding. Merek atau produk yang sukses ialah produk yang dapat mendorong konsumen guna memilih produk miliknya di atas produk-produk pesaing lainnya.
Manfaat Branding
Personal Branding
Personal branding adalahalat pemasaran yang sangat populer di kalangan publik figure, laksana politisi, musisi, selebriti, dan lainnya, sampai-sampai mereka mempunyai pandangan tersendiri di mata masyarakat.
Manfaat Branding
Corporate Branding
Corporate branding urgen untuk mengembangkan reputasi suatu perusahaan di pasar, mencakup semua aspek perusahaan itu mulai dari produk/jasa yang ditawarkan sampai kontribusi karyawan mereka terhadap masyarakat.
Manfaat Branding
Geographic Branding
Geographic branding atau regional bertujuan guna memunculkan cerminan dari produk atau jasa saat nama tempat tersebut dilafalkan oleh seseorang.
Manfaat Branding
Cultural Branding
Cultural branding mengembangkan reputasi tentang lingkungan dan orang-orang dari tempat tertentu atau kebangsaan.
Manfaat Branding
Memberikan pesona tersendiri untuk para konsumen.
Lebih gampang mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk/jasa yang ditawarkan.
Membuka kesempatan perusahaan untuk memutuskan harga jual yang lebih tinggi.
Peluang untuk pelaku usaha untuk mengerjakan diferensiasi produk.
Menjadi ciri tertentu yang memisahkan produk perusahaan dengan produk kepunyaan perusahaan pesaing.
Banyak teknik dalam membina brand, salah satunya ialah melalui website. Namun, andai Anda bingung dan tidak cukup paham bagaimana teknik membangun branding, Anda dapat menggunakan jasa penciptaan strategi marketing, yaitu layanan pengembangan brand oleh Seputar Marketing.
Komentar
Posting Komentar