Pengertian Profesi: Ciri-Ciri, Syarat, Karakteristik, dan Contohnya|Kuliah komputer di pekanbaru I-TECH

Pengertian Profesi: Ciri-Ciri, Syarat, Karakteristik, dan Contohnya|Kuliah komputer di pekanbaru I-TECH



Contoh Profesi
Kuliah komputer di pekanbaru
Apa yang dimaksud dengan profesi? Secara umum, definisi profesi ialah suatu kegiatan yang memerlukan ilmu pengetahuan atau kemampuan khusus sampai-sampai orang yang mempunyai pekerjaan itu harus mengekor pelatihan tertentu supaya dapat mengerjakan pekerjaannya dengan baik.

Mereka yang berprofesi di bidang tertentu seringkali disebut dengan profesional, yakni seseorang yang mempunyai keahllian teknis di bidang tertentu. Misalnya arsitek, dokter, akuntan, tentara, pengacara, desainer, dan beda sebagainya.

Kata “profesi” diadaptasi dari bahasa Inggris, yakni “profession” yang berasal dari bahasa Latin “professus”. Kedua kata itu memiliki makna yang sama, yaitu dapat atau berpengalaman di bidang tertentu. Sehingga definisi profesi ialah suatu kegiatan yang membutuhkan kemahiran tertentu yang didapat dari edukasi tinggi, dimana umumnya merangkum pekerjaan mental yang didukung dengan jati diri dan sikap profesional.

Baca juga: Pengertian Wiraswasta

Pengertian Profesi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli
Agar lebih mengetahui apa makna profesi, maka saya dan anda bisa merujuk pada pendapat para berpengalaman berikut ini:



1. Peter Jarvis
Berdasarkan keterangan dari Peter Jarvis (1983:21), definisi profesi ialah suatu kegiatan yang cocok dengan studi intelektual atau pelatihan eksklusif dimana tujuannya untuk meluangkan pelayanan keterampilan untuk orang beda dengan upah tertentu.

2. Hughes E.C
Berdasarkan keterangan dari Hughes E.C (1963), definisi profesi ialah suatu kegiatan di bidang tertentu dimana seorang profesional mempunyai pengetahuan lebih baik dari kliennya tentang sesuatu yang terjadi pada klien tersebu.

3. Cogan
Berdasarkan keterangan dari Cogan (1983:21), definisi profesi ialah suatu kemampuan khusus yang dalam kenyataannya didasarkan atas sebuah struktur teoritis tertentu dari sejumlah bagian ilmu pengetahuan.

4. Schein E.H
Berdasarkan keterangan dari Schein E.H (1962), definisi profesi ialah suatu set kegiatan yang membina suatu set norma yang paling khusus yang berasal dari peran eksklusif di masyarakat.

5. Dedi Supriyadi
Berdasarkan keterangan dari Dedi Supriyadi (1998:95), makna profesi ialah suatu kegiatan atau jabatan yang menuntuk kemahiran khusus, tanggungjawab, serta kesetiaan terhadap kegiatan tersebut.

6. Doni Keosoema
Berdasarkan keterangan dari Doni Keosoema, definisi profesi ialah suatu kegiatan yang mempunyai wujud sebagai jabatan dalam hierarki birokrasi, yang menuntut kemahiran serta etika khusus guna jabatan itu serta pelayanan baku terhadap masyarakat.

Baca juga:

Etika Profesi
Pengertian Kewirausahaan
Ciri-Ciri dan Syarat Profesi
Ciri-Ciri Profesi
Setiap profesi membutuhkan kemahiran khusus
1. Ciri-Ciri Profesi
Ada sejumlah sifat dan ciri khas profesi yang tidak ada pada jenis kegiatan yang bukan adalahprofesi. Adapun ciri-ciri profesi ialah sebagai berikut:

Terdapat kemahiran atau pengetahuan eksklusif yang cocok dengan bidang pekerjaan, dimana kemahiran atau pengetahuan tersebut diperoleh dari edukasi atau pengalaman.
Terdapat kaidah dan standar moral yang paling tinggi yang berlaku untuk para profesional menurut pekerjaan pada kode etik profesi.
Dalam pengamalan profesi mesti lebih mengkhususkan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi.
Seorang profesional mesti mempunyai izin khusus supaya dapat menjalankan kegiatan sesuai profesinya.
Pada lazimnya seorang profesional adalahanggota sebuah organisasi profesi di bidang tertentu.
2. Syarat-Syarat Profesi
Secara umum, terdapat sejumlah syarat pada sebuah profesi. Adapun kriteria-syarat profesi ialah sebagai berikut:

Memiliki pengetahuan eksklusif di sebuah bidang ilmu tertentu.
Melibatkan sekian banyak  kegiatan intelektual.
Membutuhkan adanya sebuah persiapan tertentu yang lumayan dalam, jadi tidak saja sekedar pelajaran saja.
Membutuhkan pelajaran yang berkesinambungan di dalam mengemban pekerjaannya atau jabatannya.
Lebih mengkhususkan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi.
Adanya organisasi semua profesional cocok dengan bidang profesi.
Terdapat kode etik atau standar baku dalam pengamalan pekerjaannya.
Baca juga:



Psikologi Pendidikan
Pengertian Peran
Karakteristik Profesi
Karakteristik Profesi
Setiap profesi mesti mempunyai kompetensi
Pada dasarnya profesi sangat bersangkutan dengan pekerjaan, tetapi tidak seluruh jenis kegiatan adalahprofesi. Terdapat sejumlah karakteristik yang memisahkan antara profesi dengan kegiatan lainnya, yaitu:

Keahlian menurut pengetahuan teoretis, semua profesional mempunyai pengetahuan teoretis yang ekstensif dan kemahiran dalam mempraktekkan pengetahuan tersebut.
Adanya edukasi yang ekstensif, yakni proses edukasi yang lumayan lama dengan jenjang edukasi yang tinggi untuk profesi yang prestisius.
Terdapat ujian kompetensi, yakni ujian tentang pengetahuan di bidang tertentu, dimana lazimnya ada syarat guna lulus tes yang menguji pengetahuan teoretis.
Terdapat pelatihan institusional, yaitu sebuah pelatihan pelatihan guna mendapatkan empiris praktis sebelum menjadi anggota sarat organisasi profesi.
Adanya asosiasi profesional, yakni organisasi sebuah profesi yang bertujuan untuk menambah status semua anggotanya.
Adanya lisensi, yakni sertifikasi di bidang tertentu sampai-sampai seorang profesional dirasakan memiliki kemahiran dan dianggap dapat dipercaya.
Kode etik profesi, yakni suatu formalitas dari organisasi profesional yang menata para anggotanya supaya bekerja cocok aturan.
Adanya otonomi kerja, yakni pengendalian kerja dan pengetahuan teoretis semua profesional guna menghindari intervensi dari luar.
Mengatur diri, seorang profesional ditata oleh organisasi profesi tanpa adanya campur tangan pemerintah.
Layanyan publik dan altruisme, yaitu penghasilan atau pendapatan dari kerja profesi yang dijaga selama bersangkutan dengan kebutuhan masyarakat.
Status dan imbalan tinggi, seorang profesional yang berhasil akan mendapatkan kedudukan yang tinggi, prestise, dan imbalan yang pantas sebagai pernyataan terhadap layanan yang diserahkan kepada publik.
Baca juga: Arti Integritas

Beberapa Contoh Profesi
Contoh Profesi
Dokter ialah salah satu misal profesi
Sebenarnya ada tidak sedikit sekali profesi yang terdapat di masyarakat ketika ini cocok dengan bidang-bidang tertentu. Adapun sejumlah contoh profesi ialah sebagai berikut:

Arsitek, yakni seseorang yang dianggap berpengalaman dalam merancang, mendesain, dan mengemban pengawasan konstruksi bangunan.
Akuntan, yakni seseorang yang dianggap berpengalaman dalam bidang akuntansi, dan hal-hal lainnya berhubungan informasi keuangan.
Dokter, yakni seseorang yang dirasakan mempunyai pengetahuan yang baik dan berpengalaman dalam urusan kesehatan.
Perawat, yakni seserang yang dirasakan mempunyai pengetahuan yang baik dalam mengasuh dan menolong pemulihan orang sakit.
Pengacara, yakni seseorang yang dianggap berpengalaman dalam masalah hukum sehingga diandalkan  untuk menyerahkan nasihat dan pembelaan untuk orang beda yang bersangkutan dengan solusi suatu permasalahan hukum.

Komentar