Pengertian Analisis Data, Tujuan, Jenis, dan Prosedur Analisis Data|Kuliah komputer di kota pekanbaru|Kuliah komputer I-TECH

Pengertian Analisis Data, Tujuan, Jenis, dan Prosedur Analisis Data|Kuliah komputer di kota pekanbaru|Kuliah komputer I-TECH



Hasil gambar untuk gambar itech

Kuliah komputer di kota pekanbaru itech
Apa tersebut analisis data? Pengertian Analisis Data ialah suatu proses atau upaya pengolahan data menjai suatu informasi baru supaya karakteristik data itu menjadi lebih gampang dimengerti dan bermanfaat untuk penyelesaian suatu permasalahan, terutama yang bersangkutan dengan penelitian.

Analisis data pun dapat didefinisikan sebagai suatu pekerjaan yang dilaksanakan untuk mengolah data hasil dari riset menjadi suatu informasi baru yang dapat dipakai dalam menciptakan kesimpulan.



Secara umum, destinasi analisis data ialah untuk menyatakan suatu data supaya lebih gampang dipahami, selanjutnya diciptakan sebuah kesimpulan. Suatu benang merah dari analisis data diperoleh dari sampel yang umumnya diciptakan menurut pengujian hipotesis atau dugaan.

Baca juga: Pengertian Analisis SWOT

Pengertian Analisis Data Berdasarkan keterangan dari Para Ahli
1. Taylor (1975)
Berdasarkan keterangan dari Taylor, makna analisis data ialah proses yang merinci usaha secara formal untuk mengejar tema dan merumuskan hipotesis (ide) laksana yang dianjurkan dan sebagai usaha guna memberikan pertolongan dan tema pada hipotesis.



2. Lexy J. Moleong (2002)
Berdasarkan keterangan dari Lexy J. Moleong, definisi analisis data ialah proses menata urutan data, mengorganisasikanya ke dalam sebuah pola, kategori, dan satuan uraian dasar.

Baca juga: Analisis Bisnis

Jenis Analisis Data
Macam analisis data dapat dipisahkan menurut cara atau caranya. Berikut ini ialah jenis analisis data secara umum:

1. Analisis Data Secara Deskriptif
Pengertian analisis data secara deskriptif ialah teknik analisis yang dipakai dalam meneliti data dengan membuat cerminan data-data yang terkumpul tanpa menciptakan generalisasi dari hasil riset tersebut.

Beberapa yang tergolong di dalam kiat analisis data secara deskriptif contohnya menyajikan data ke dalam bentuk:

Grafik
Tabel
Presentasi
Frekuensi
Diagram
dan lain-lain
2. Analisis Data Secara Inferensial
Pengertian analisis data secara inferensial ialah teknik analisis data dengan memakai statistik dengan teknik membuat benang merah yang berlaku secara umum.

Analisis inferensial memakai rumus statistik tertentu. Hasil perhitungan formula tersebut bakal menjadi dasar dalam generalisasi yang sampel untuk populasi.



Dengan kata lain, analisis inferensial ini bermanfaat membuat generalisasi hasil suatu riset sampel guna populasi.

Baca juga: Unsur-Unsur Administrasi

Langkah dan Prosedur Analisis Data
Dalam mengerjakan analisis data mesti menurut formalitas dan langkah-langkah tertentu. Berikut ini ialah beberapa langkah-langkah dalam analisis data:

Pengumpulan Data, tahap mula dari kegiatan analisis data ialah pengumpulan data yang bakal dianalisis.
Tahap Editing, yakni proses pengecekan kejelasan dan kelengkapan berhubungan pengisian instrumen pendataan data.
Tahap Koding, yakni proses identifikasi dan klasifikasi terhadap semua pengakuan yang terdapat pada instrumen pendataan data menurut variable yang sedang diteliti.
Tahap Pengujian, yakni proses pengujian kualitas data, baik dari segi validitas dan realibilitas instrumen dari pendataan data.
Tahap Mendeskripsikan Data, yakni proses membuat pemaparan data dengan menyajikannya dalam format tabel frekuensi atau diagram dengan pelbagai ukuran tendensi sentral maupun ukuran dispersi. Tujuannya ialah agar memahami ciri khas data sampel dari sebuah penelitian.
Tahap Pengujian Hipotesis, yakni proses pengujian terhadap proposisi apakah dapat diterima atau ditolak, apakah mempunyai makna atau tidak. Berdasarkan etape inilah nantinya akan diciptakan kesimpulan atau keputusan.
Baca juga: Pengertian Administrasi Perkantoran

Keuntungan Analisis Data
Ada sejumlah keuntungan mengerjakan analisis data untuk sebuah penelitian. Berikut ini ialah beberapa deviden analisis data tersebut:

Mendapatkan hasil pengukuran yang lebih jelas.
Proses identifikasi lebih reliable.
Memungkinkan untuk mengerjakan identifikasi pada hal-hal yang penting.
Dapat disaksikan secara visual sehingga menolong dalam memungut keputusan secara cepat dan tepat.
Dalam pekerjaan bisnis, menolong proses identifikasi masalah yang memerlukan tindakan atau keputusan.
Memiliki kesadaran yang lebih baik tentang potensi dari pelanggan.
Demikianlah keterangan ringkas tentang pengertian analisis data, jenis analisis data, langkah-langkah analisis data, dan keuntungannya. Semoga tulisan ini berfungsi dan meningkatkan wawasan kamu.

Komentar