DASAR DASAR MICROSOFT WORD | KULIAH KOMPUTER DI PEKANBARU I-TECH COURSE
DASAR DASAR MICROSOFT WORD | KULIAH KOMPUTER DI PEKANBARU I-TECH COURSE
A. SEJARAH MICROSOFT OFFICE WORD
Kuliah Komputer Di Pekanbaru I-TECH COURSE- Banyak usulan dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep “What You See Is What You Get”, atau WYSIWYG, dan merupakanprogram pertama yang dapat menunjukkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word pun tidak sedikit memakai tetikus yang ketika tersebut tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski mempunyai tidak tidak banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan tidak tidak sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk laksana tersebut yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dikenalkan pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pemakai komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, merupakan Word 3.0, yang dikenalkan pada tahun 1987. Versi ini merangkum tidak sedikit penambahan dan fitur baru tetapi mempunyai tidak tidak banyak bug. Dalam melulu sejumlah bulan, Microsoft mengolah Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pemakai terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dikenalkan pada tahun 1989, merupakanversi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dikenalkan pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan diluncurkannya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk bila dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menantikan sampai merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata. (Sumber: id.wikipedia.org)
MEMULAI MICROSOFT WORD
Untuk memulai menjalankan program microsoft word? Silakan ikuti langkah-langkah berikut :
1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih
3. Microsoft Office Word 2007.
Unsur-unsur utama Layar Ms Word.
1. Judul Windows
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah merupakan Document1, Document2 dan seterusnya. Pada pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize, maximize dan memblokir software word.
2. Office Button
Digunakan untuk :
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar.
3. Customize Quick Access Toolbar
Digunakan untuk menunjukkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai contoh jika kamu klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar. Sebagai tips, tampilkan button yang tidak jarang kamu pakai guna mempercepat pengerjaan.
4. Menu
Setiap menu yang aktif (yang kamu Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
5. Kursor
Kursor atau Insertion Point merupakanindikator tempat dimana teks akan muncul bila kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam menggarap suatu pekerjaan yang kamu perintahkan.
6. Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
7. Penggulung Teks
Untuk memudahkan dalam memperhatikan suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.
8. Memasukkan Teks
Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada sebanyak hal yang perlu diketahui:
Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris kesatu.
Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
Tekan enter untuk menambah baris kosong.
Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.
9. Memperbaiki Teks
Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya berikut ini :
9.1 Menggunakan Mouse
Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada tempat teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu halaman.
9.2 Menggunakan Keyboard
Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.
Perpindahan Perintah
Satu karakter ke kiri ←
Satu karakter ke kanan →
Satu baris ke atas ↑
Satu baris ke bawah ↓
Ke akhir baris End
Ke awal baris Home
Naik satu layar Page Up
Ke bawah satu layar Page Down
Akhir dokumen Ctrl + End
Awal dokumen Ctrl + Home
10. Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button save pada Toolbar atau bisa langsung menggunakan keyword dengan meminimalisir Ctrl + S dan akan muncul sebuah dialog, Kemudian pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc
11. Membuka Dokumen
Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menunjukkan dialog box, kemudian Anda carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look in lantas klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan ditunjukkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah kembali file Lat1.doc yang sudah dibuat tadi.
12. Menutup Dokumen
Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan sesudah tersebut menggarap dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.
Komentar
Posting Komentar