PENGERTIAN, KONSEP, DAN BEBERAPA APLIKASI GAME Pengertian Game|Kuliah komputer|Kuliah komputer di pekanbaru|Kuliah komputer I-TECH

PENGERTIAN, KONSEP, DAN BEBERAPA APLIKASI GAME
Pengertian Game|Kuliah komputer|Kuliah komputer di pekanbaru|Kuliah komputer I-TECH



Kuliah komputer di pekanbaru


game(permainan) secara umum ialah sebuah kegiatan rekreasi dengan destinasi bersenang-senang, memenuhi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan seringkali dilakukan sendiri atau bersama-sama. Sedangkan computer game ialah permainan video yang dimainkan pada komputer pribadi, dan bukan pada konsol permainan, maupun mesin ding-dong. Permainan komputer sudah berevolusi dari sistem grafis simpel sampai menjadi perumahan dan mutakhir. Namun, pasar permainan komputer di Amerika Serikat mulai menurun semenjak tahun 1999. ialah permainan yang memakai interaksi dengan antarmuka pemakai melewati gambar yang didapatkan oleh piranti video. Permainan video umumnya meluangkan sistem penghargaan–misalnya skor–yang dihitung menurut tingkat keberhasilan yang dijangkau dalam menuntaskan tugas-tugas yang terdapat di dalam permainan. Kata “video” pada “permainan video” pada tadinya merujuk pada piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah “video game”, sekarang kata permainan video dapat dipakai untuk menyinggung permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang dipakai untuk menjalankan permainan video dinamakan platform, contohnya ialah komputer individu dan konsol permainan.
http://osmotionaz.blogspot.com/2012/03/apa-itu-game.html?m=1

Konsep game

Anda tidak bakal dapat menciptakan game tanpa bagian terpenting ini. Terlebih dahulu anda pikirkan dulu raw plan gamenya, apa genre nya, judulnya apa, siapa figur utamanya, bagaimana jalan ceritanya, dan sebagainya. Seiring dengan penciptaan game, kamu bisa "meningkatkan" kualitas game. Seperti meningkatkan detail pada background, menciptakan fitur baru yang tidak mengolah konsep utama.
gwazgama.m.webs.com

Algoritma yang dipakai dalam penciptaan game

MINIMAX, Sebuah prosedur penelusuran yg menyaksikan kedepan, menyimak apa yg bakal terjadi, lantas yang dipakai untuk memilih tahapan berikutnya.
ALPHA-BETA PRUNING, Algoritma ini adalahimprovisasi dari algoritma minimax. Algoritma ini untuk menambah efisiensi faedah minimax dalam urusan pencarian, lantas fungsi penilaian ditambahkan sepasang nilai alpha dan beta.
FUZZY, Logika fuzzy adalahpengembangan dari logika boolean. Sistem fuzzy atau logika fuzzy ialah salah satu bahasa soft computing yang memiliki ciri khas dan kelebihan dalam menangani persoalan yang mempunyai sifat ketidakpastian dan kebenaran parsial. Logika fuzzy adalahpengembangan dari logika boolean yang melulu mempunyai nilai true (1) atau false (0).
ALGORITMA GENETIKA, Algoritma genetika ialah algoritma yang berjuang menerapkan pemahaman mengenai perubahan alamiah pada tugas-tugas pemecahanmasalah (problem solving). Pendekatan yang dipungut oleh algoritma ini ialah dengan menggabungkan secara acak sekian banyak  pilihan penyelesaian terbaik di dalam suatu kelompok (populasi) guna mendapatkan generasi penyelesaian terbaik berikutnya yakni pada suatu situasi yang memaksimalkan kecocokannya atau lazim dinamakan fitness.
ALGORITMA AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE), Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) adalahcabang terpenting dalam dunia computer yang membuat supaya mesin (computer) dapat mengerjakan pekerjaan laksana dan sebaik yang dilaksanakan manusia. Pada tadinya diciptakan computer hanya bermanfaat sebagai perangkat hitung. Tapi kini peran computer kian mendominasi kehidupan manusia. Komputer diinginkan data diberdayakan untuk menggarap segala sesuatu yang biasa digarap oleh manusia.
http://gridcontroll.blogspot.com/2012/10/algoritma-yang-digunakan-untuk-membuat.html?m=1

Aplikasi-aplikasi untuk menciptakan Game, antara lain:

1. Adventure Maker Free Edition
Aplikasi yang satu ini tak melulu dapat dipakai untuk menciptakan game guna PC Windows. kita pun bisa memanfaatkannya untuk menciptakan game jenis point-and-click guna PSP (PlayStation Portable), iPhone, dan pun !Pod Touch. Di samping itu, Adventure Maker pun dapat digunakan untuk membuat software multimedia, virtual tours, software edukasi, sampai presentasi.
Adventure Maker sangat gampang digunakan. kita tak perlu mengerjakan scripting atau pemrograman guna dapat menciptakan game. Yang butuh Anda lakukan melulu mengimpor gambar ke aplikasi, meningkatkan sejumlah titik guna menghubungkan gambar dengan gambar lainnya, dan proses selanjutnya dilaksanakan oleh aplikasi.
Saat membuat software guna Windows, software yang menyokong Windows XP dan Vista ini meluangkan fitur “Load/Save Game” functions, inventory items, 360-degree interactive panoramas, sokongan untuk bentuk Flash, karakter untuk penciptaan game third-person, full-screen transitions, efek air dan asap, hingga sokongan untuk 30 lebih bentuk file multimedia.
Dalam bundel software versi gratisnya, kita mendapatkan kemudahan icon editor, music composer, software gambar, dan program untuk mengolah dan mengompresi gambar. Bagi menambah faedah program, sebanyak plugin cuma-cuma juga terdapat dan siap didownload dari website Adventuremaker.com. Sejumlah sampel game pun tersedia, inilah tutorial pembuatan, baik tersebut untuk menciptakan game Windows atau juga game guna konsol dan gadget.
Untuk versi penuhnya, sang pembuat game meluangkan versi berbayarnya. Versi berbayar ini menyediakan kemudahan untuk menjadikan game produksi Anda dalam bentuk EXE sampai-sampai dapat diinstal dan dimainkan tanpa software Adventure Maker.
Ukuran File : 16 MB
Lisensi : Free

2. 3D Game Studio
Aplikasi ini merupakan software yang paling baik guna edukasi, simulasi dan pun tentunya untuk penciptaan game. Aplikasi ini menyediakan fasilitas dalam membina game baik 2D maupun 3D, terutama RPG (Role Playing Game). Bahkan dengan software ini, pemakai dapat membina game berbasis bentuk multiplayer, meskipun belum menyokong tampilan tiga dimensi.
Arena permainan ini dapat diciptakan dengan memakai komponen yang tersedia, laksana background air, tanah, atau udara. Penggunaannya pun paling fleksibel, dan Anda bisa menerapkannya dalam tiga lapisan obyek.
Begitupun guna pengelolaan karakter kita boleh menciptakan sebanyak-banyaknya karakter. Setiap aspek guna karakter tersebut dapat diset, laksana status, visual, behavoiur, dan perangkat karakter ketika dimainkan. Karakter di dalam software ini dipecah dua: karakter yang bisa dimainkan dan yang tidak.
Kalo boleh dibilang 3D Game Studio ialah aplikasi yang terbaik guna belajar menciptakan game 2D atau 3D, sebab tutorial-nya lengkap, contohnya pun banyak, plugin yang disediakan juga banyak, untuk yang dapat programming lebih bagus lagi sebab ada API bikin bahasa pemrograman laksana Delphi, .NET C#.

3. Adventure Game Studio
Bagi kita yang ingin dapat membuat game petualangan dalam tampilan semi-3D dan telah menguasai pemrograman, freeware yang satu ini bisa menjadi media berkreasi. Meski begitu, bukan berarti kita yang pemula tidak bisa menggunakannya.
Di samping menyediakannya secara gratis, pembuat game ini pun memberikan tutorial komplet mulai dari mula hingga tingkat lanjut secara step-by-step. Di samping itu, terdapat pula resources page di website web sang pembuat guna mengakses tip dan trik pengelolan program.
Adventure Game Studio memungkinkan Anda menciptakan game petualangan jenis point-and-click, seperti ragam game produksi pembuat game Sierra dan Lucasart yang keluar di tahun 1990-an. Fasilitas editor untuk menciptakan game beserta engine run-time-nya lumayan mudah dikelola. Terlebih sebab ada panduannya.
Untuk mempermudah pengelolaan software ini dari awal, sebanyak template game klasik sudah disediakan sampai-sampai kita dapat mengedit dan memodifikasinya cocok keinginan. Sebagai insipirasi, sebanyak game produksi pemakai lain pun dipajang dan dapat didownload dari website penyedianya. Dalam paket installer-nya pun disediakan demo game.
Aplikasi ini kompatibel dengan Windows 2000, XP, dan Vista serta memerlukan penginstalan .NET Framework 2.0. Butuh pemahaman sebelum menggunakannya, namun feature pengesetan game paling fleksibel, sampai-sampai Anda bisa menilai bentuk resolusi tampilan game sampai personalisasi GUI (Graphic User Interface-nysa).

4. Game Maker
Aplikasi ini ialah aplikasi yang bisa Anda pakai untuk membuat pelbagai macam game guna diinstall di PC. Mulai dari game berbentuk maze (labirin dengan konsep permainan bak puzzle), tembak-menembak, sampai permainan bertampilan tiga dimensi, dan first person shooter.
Aplikasi ini menjanjikan trik penciptaan game dengan sistem drag-and-drop, sampai-sampai untuk penciptaan game sederhana anda tidak perlu memakai bahasa pemrograman. Namun, ketika hendak membuat permainan yang lebih kompleks, keterampilan pemrograman juga dibutuhkan di sini.
Tak menguasai bahasa pemrograman? Tenang saja. Anda bisa mengunduh pelbagai tutorial di website sumbernya.
Tutorialnya lumayan lengkap, komplet dengan petunjuk step-by-step berformat PDF. Di dokumen ini kode pemrograman instan bisa ditelaah untuk menciptakan game.
Aplikasi ini pun menyediakan pelbagai komponen untuk penyokong pembuatan pelbagai jenis permainan yang dikehendaki. Komponen atau resources ini bahkan terdapat yang disediakan oleh semua pemakai Game Maker lainnya. Anda dapat mengunduh background, musik latar, skrip pemrograman (agar tak repot menciptakan kode), banner, hingga kemudahan untuk menciptakan cheat codes di game produksi Anda.
Game produksi Anda ini lantas dapat diperjual-belikan lho. Jika hendak menambah kegunaannya untuk pelbagai feature baru di aplikasi, aplikasi ini bisa di-upgrade dengan meregistrasi atau melakukan pembelian salinan aplikasi versi penuhnya.

5. Jump Craft
Jump Craft memungkinkan kita menciptakan game dengan mengeklik-tarik komponen game ke area penciptaan game. Ya, semudah itu. Di samping itu, terdapat pula kemudahan untuk pemrograman sederhana, sebagai ajang ekstra untuk belajar programming.
Anda dapat mengunduh software yang kompatibel dengan Windows XP dan Vista ini dari website resminya, sekaligus berinteraksi dengan pemakai lain guna mendapatkan petunjuk dan tips pembuatan. Konsep pembuatannya merealisasikan prinsip “What You See Is What You Get”, sampai-sampai komponen dan skenario yang diterapkan di area penciptaan game bakal sama dengan output yang dihasilkannya. Pembuatan game tanpa coding (pemrograman) dapat dilaksanakan dengan konsep sistem “Trigger” dan “Actions” yang gampang diset. Setiap obyek di game ini dapat Anda gerakkan dan interaksikan dengan teknik ini.

6. Alice
Aplikasi ini sebenarnya ialah sebuah software yang dirancang supaya kuliah pemrograman bisa lebih gampang dimengerti dengan memperlihatkan gambar-gambar 2D atau 3D yang dapat dimanipulasi. Saat ini tidak sedikit dipakai di sekolah-sekolah atau kampus di Amerika.
Tampilan software menyenangkan, sebab serupa software edukasi anak-anak. Dengan warna ceria dan paket komponen game yang memadai, proses penciptaan game dapat dilaksanakan tanpa mengerjakan pemrograman. Namun, andai Anda mengetahui sedikit dasar pemrograman dan ilmu logika, tersebut akan sangat menolong dalam penciptaan game.
Aplikasi ini berbasis Java, sehingga dianjurkan komputer kita telah terinstall Java Virtual Machine, guna Windows XP, Vista atau 7 seringkali sudah terdapat Java Virtual Machine.


Komentar