Kuliah komputer di kota pekanbaru |Kuliah Komputer|Kuliah Komputer I-TECH

Kuliah komputer di kota pekanbaru |Kuliah Komputer|Kuliah Komputer I-TECH

Kuliah komputer pekanbaru I-TECH

Kevin Joshua bareng Saeful Ramadhon jadi pemenang dalam Finhacks Data Challenge BCA.

Keduanya merupakan mahasiswa dari Departemen Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FMIPA Institut Pertanian Bogor IPB.

Pertandingan yang diadakan oleh PT Bank Sentral Asia Tbk (BCA) itu dilangsungkan dua tahap.

Pertama pre-assessment test yang dilaksanakan secara online, lantas tahap kedua ialah demo day yang dilaksanakan di Hotel Akmani, Jakarta Sentra, November lalu.

Peserta pertandingan tak hanya mahasiswa tapi pun para profesional yang sudah berkiprah di bidang data.

Dari ratusan partisipan yang sudah mendaftar, hanya ada 5 finalis di tiap kategorinya yang memiliki hak lanjut ke etape dua.

Para finalis ditantang untuk mengubah data yang diberi oleh pihak penyelenggara.

Berdasarkan Saeful, data yang diberi yaitu sampel data nasabah yang sudah disamarkan identitasnya dengan jumlah data yang sungguh-sungguh banyak.

Pertandingan {hal yang terdapat tiga klasifikasi. Kevin dan Saeful memilih berpartisipasi dalam Klasifikasi Credit scoring.

“Sebelum berangkat perlombaan, kami pelajaran intens sekitar tiga bulan. Latihan ini saya dan anda lakukan di jeda jam kuliah dan sepulang kuliah. Lazimnya di perpustakaan hingga jam layanan perpustakaan ditutup,” ujarnya.

Dengan banting tulang dan ketekunannya itu, mereka dapat membawa pulang hadiah sebesar Rp 10 juta.

“Mulanya kami mengupayakan yang klasifikasi yang fraud detection namun alhasil tidak cukup baik. Lalu kami jajaki klasifikasi credit scoring dan alhasil lebih baik,” tambah Kevin.

Credit scoring atau pengukuran kredit adalahmetode yang diterapkan oleh bank atau institusi pembiayaan guna menetapkansesuai atau tidaknya seorang nasabah menerima pinjaman.

“Untuk menanggulangi data hal anda mencoba tidak sedikit cara| hingga alhasil kami memilih guna menerapkan teknik ensemble dengan menggabungkan tiga clasifier forest, xgboost dan lightgbm,” pungkas Kevin.

Komentar